Friday, April 10, 2015

FENOMENA AKHIR ZAMAN

1. MUNCUL FITNAH YANG BERGELOMBANG
 
Fitnah ini telah dikabarkan oleh Rasulullah SAW, Hudzaifah r.a bercerita:
Kami berada disisi Umar, lalu ia berkata: "Siapakah di antara kalian y mendengar Rasulullah saw menyebutkan fitnah? "
Mereka menjawab: "Kami mendengarnya."
Ia(Umar) berkata: "mungkin y kalian maksud adalah fitnah seseorang pada keluarga dan tetangganya?"
Mereka menjawab: "Ya"
Ia(Umar) berkata: "Fitnah itu dapat ditebus dengan solat, puasa, dan sedekah. Akan tetapi, siapa di antara kamu yang mendengar Rasulullah saw menyebutkan fitnah yang bergelombang seperti gelombang lautan?"

Hudzaifah berkata: "Orang-orang terdiam." Maka aku berkata: "Aku mendengarnya."

Ia(Umar) berkata: "Engkau, bagus sekali."

Hudzaifah berkata: "Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: "Fitnah akan ditampakkan kepada hati seperti tikar seutas demi seutas, hati mana saja yang menerimanya akan diberikan titik hitam dan hati mana saja mengingkarinya akan diberi titik putih, sehingga menjadi dua hati: Hati yang putih bagaikan batu shofa yang tidak terpengaruh oleh fitnah selama langit dan bumi masih ada, dan hati yag hitam seperti cangkir yang terbalik; tidak mengenal yang ma'ruf dan tidak mengingkari yang mungkar kecuali yang sesuai dengan hawa nafsunya. " (HR. Muslim 1/128, no. 44)


    a. sebab-sebab munculnya fitnah yang bergelombang
        - muslihat musuh islam terhadap kaum muslim
        - sikap remeh untuk ittiba' kepada Al-Quran dan sunnah dalam perselisihan
        - munculnya maksiat dan ditinggalkannya amar ma'ruf nahi mungkar


2. TERSEBARNYA KEBODOHAN DALAM AGAMA

3. BANYAK PENCERAMAH DAN ULAMA' BERKURANG

4. TAHUN-TAHUN YANG MENIPU DAN MUNCULNYA RUWAIBIDHAH

5. ORANG SOLEH DIHINA DAN ORANG JAHAT DIMULIAKAN, PINTU AMAL DITUTUP DAN SELAIN KITABULLAH DIJADIKAN PANDUAN

6. BAGAIKAN BARA API

7. KEADAAN YANG BERUBAH

Berubah keadaan, seperti orang-orang bodoh memangku jabatan yang tak layak baginya, Rasulullah saw ketika ditanya oleh malaikat jibril tentang tanda-tanda hari kiamat, beliau bersabda:

    "Dan engkau lihat orang yang telanjang kaki, telanjang badan, dan pengembala domba berlumba-lumba meninggikan bangunan." (Muslim, no.1)

  - Al-Hafiz Ibnu Rajab berkata: "Maksudnya adalah orang-orang yang rendah menjadi pemimpin dan harta mereka melimpah ruah hingga mereka meninggikan bangunan dan mempercantikkannya."

8. BID'AH DIANGGAP SUNNAH, ILMU DUNIA MENJADI KEBANGGAAN, DAN MENCARI DUNIA DENGAN AMALAN AKHIRAT

Abdullah bin Mas'ud berkat:
    Bagaimana keadaan kamu apabila fitnah menerpamu, orang tua menjadi renta di dalamnya dan anak kecil tumbuh dewasa di dalam fitnah tersebut. Apabila sebahagian fitnah itu ditinggalkan akan dikatakan: " Telah ditinggalkan sunnah." Mereka berkata : "Bila itu terjadi?" Beliau menjawab: "Apabila ulama' kalian telah pergi, orang-orang bodoh menjadi banyak, qari-qari juga menjadi banyak, sedikit orang-orang yang faqih, banyak pemimpin, sedikit yang amanah, dunia dicari melalui amalan akhirat, dan belajar fiqh dari selain ilmu agama." (HR. Ad-Darimi dan lainnya, Sunan Ad-Darimi 1/75 no.186, dishahihkan oleh syaikh Albani dalam Shahih Thargib, no.111 )

9. ISLAM MENJADI TERASING

Rasulullah saw bersabda:
     Sesungguhnya islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing, maka pohon thuba (di syurga) untuk orang yang terasing. Dikatakan: "siapakah mereka wahai Rasulullah?" Baginda menjawab: " (Yaitu) orang-orang yang berbuat ishlah(kebaikan) ketika manusia telah rosak". (HR. Abu Amru Ad-Daani, Silsilah Shahihah, no. 1273)

SUMBER :
     

No comments:

Post a Comment

Thank You. Glad to see you again in the future. :)

Followers

NetworkBlog

jomblogwalking

blogwalking..